Kamis, 03 September 2009

RPP KIMIA SMA KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 1
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi dasar : 1.1. Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Indikator:
1. Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2. Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4. Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2. Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4. Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
Materi Ajar :
o Pengertian sifat koligatif
o Kemolalan dan fraksi mol
o Tekanan uap larutan
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 6 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Pengertian sifat koligatif
o Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Menyapaikan program semester
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (70 menit)
o Membahas pengertian sifat koligatif
o Membahas kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan arti sifat koligatif.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya,
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
A. PPK Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran


Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 2
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi dasar : 1.1. Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Indikator:
1. Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
2. Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
3. Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
4. Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
2. Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
3. Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
4. Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
Materi Ajar :
o Kenaikan titik didih
o Penurunan titik beku
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Praktikum
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 4 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Kenaikan titik didih dan Penurunan titik beku
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)


Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan percobaan untuk mengamati kenaikan titik didihdan penurunan titik beku
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Memberi PR,
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Kenaikan titik didih dan penurunan titik beku (lanjutan)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas hasil percobaan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku melalui diskusi kelas,
o Membahas soal-soal kenaikan titik didih dan penurunan titik beku.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku termasuk sifat koligatif larutan.
o Mengingatkan siswa untuk membaca LKS 1.5 dan 1.6.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.
Penilaian:
PPK


Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOLIGATIF - 3
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi dasar : 1.1. Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Indikator:
1. Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
2. Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
3. Menghitung tekanan osmosis larutan non elektrolit
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
2. Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta contoh terapannya dalam kegidupan sehari-hari dan industri.
3. Menghitung tekanan osmosis larutan non elektrolit
Materi Ajar :
o Diagram P-T
o Osmosis dan tekanan osmosis.
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi.
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 3 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Diagram fasa
o Tekanan osmotik
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas diagram fasa sesuai dengan LKS 1.5 (40 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas osmosis dan tekanan osmosis sesuai dengan LKS 1.6 (40 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan diagram fasa, osmosis dan tekanan osmosis.
o Memberi PR, yaitu Latihan 1.4.
Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Diagram fasa
o Tekanan osmotik
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memerika PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (35 menit)
o Membahas soal-soal latihan tentang diagram fase dan tekanan osmotik.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Meminta siswa untuk mempelajari LKS 1.7.
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.
Penilaian:
A. PPK
Tagihan KIM-3103MP (Lihat kartu Soal)
B. Praktik
Tagihan KIM-3104MP
B Asikap/Minat
Tagihan Kim-3105MP
Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOLIGATIF - 4
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi dasar : 1.2. Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
Indikator:
1. Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menentukan sifat koligatif larutan elektrolit.
Materi Ajar :
o Sifat koligatif larutan elektrolit.
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 4 Jam pelajaran (2 JP untuk ulangan harian)
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Sifat koligatif larutan elektrolit
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (40 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas sifat koligatif larutan elektrolit sesuai dengan LKS 1.7 (40 menit)
o Membahas soal-soal uji kompetyensi Bab 1 (40 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan sifat koligatif larutan elektrolit.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Ulangan harian Bab 1
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
Kegiatan Inti (80 menit)
Ulangan Blok Bab 3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Meminta siswa untuk mempelajari LKS 2.1.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.
Penilaian:
PPK
Tagihan KIM-3106MP (Lihat kartu Soal)
Sikap/Minat
Tagihan KIM-3107MP (Lihat kartu Soal)

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REDOKS - 1
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 2.1. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
Indikator:
1. Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi
2. Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi
2. Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)
Materi Ajar :
o Penyetaraan reaksi redoks
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 4 Jam Pelajaran (1 jam untuk ulangan)
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Penyetaraan reaksi redoks dengan metode Bilangan oksidasi.
Penyetaraan reaksi redoks dengan metode ion elektron.
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mecatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Diskusi kelas untuk membahas cara penyetaraan reaksi redoks dengan metode Bilangan oksidasi sesuai dengan LKS 2.1 (60 menit)
o Diskusi kelas untuk membahas cara penyetaraan reaksi redoks dengan metode setengah reaksi sesuai dengan LKS 2.2 (20 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Memberi PR, yaitu latihan 1.1 dan 1.2 dan 1.3.
o Mengimngatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Penyetaraan reaksi redoks dengan metode Bilangan oksidasi.
Penyetaraan reaksi redoks dengan metode ion elektron.
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1, 1.2 dan 1.3) (30 menit)
o Ulangan harian (50 menit).
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Mengingatkan siswa untuk mempelajarari LKS 2.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK
Tagihan KIM-3108MP (Lihat kartu Soal)


Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REDOKS - 2
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 2.1. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
Indikator:
1. Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
2. Menggambarkan susunan sel volta atau sel galvani dan menjelaskan fungsi setiap bagiannya
3. Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel volta
4. Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta
5. Menghitung potensal sel berdasarkan data potensial standar
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
2. Menggambarkan susunan sel volta atau sel galvani dan menjelaskan fungsi setiap bagiannya
3. Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel volta
4. Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta
5. Menghitung potensal sel berdasarkan data potensial standar
Materi Ajar :
o Sel Volta
o Potensial elektrode Potensial sel
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi.
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 4 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Sel Volta
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk menjelaskan sel volta sesuai dengan LKS 2.3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Memberi PR, yaitu Latihan ....
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 2.4.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Potensial elektrode
o Potensial sel dan reaksi redoks spontan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memerika PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o melakkan diskusi kelas untuk membahas potensial elektrode, sesuai dengan LKS 2.4.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 2.5.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, Laboratorium.
Penilaian:
PPK
Tagihan KIM-3110MP (Lihat kartu Soal)
Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REDOKS - 3
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 2.1. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
Indikator:
1. Menjelaskan prinsip kerja sel volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki, dll)
2. Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
3. Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadimnya korosi
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menjelaskan prinsip kerja sel volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki, dll)
2. Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
3. Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadimnya korosi
Materi Ajar :
o Sel Volta dalam kehidupan (sel Volta komersial)
o Korosi besi
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 4 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Sel Volta komersial.
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas sel Volta komersial sesuai dengan LKS 2.5.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.6)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Korosi besi
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membahas korosi besi, sesuai dengan LKS 2.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan korosi besi dan cara pencegahannya.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 2.7.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK : KIM-3111MP
Sikap/Minat : KIM-3112MP
Praktek : KIM-3113MP


Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REDOKS - 4
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 2.2. Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
Indikator:
1. Mengamati reaksi yang terjadi di anode dan katode pada reaksi elektrolisis melalui percobaan.
2. Menuliskan reaksi yang terjadi di anode dan katode pada larutan atau lelehan dengan elektrode aktif ataupu n elektrode inert.
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengamati reaksi yang terjadi di anode dan katode pada reaksi elektrolisis melalui percobaan.
2. Menuliskan reaksi yang terjadi di anode dan katode pada larutan atau lelehan dengan elektrode aktif ataupu n elektrode inert.
Materi Ajar :
o Elektrolisis.
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi.
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 2 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Elektrolisis
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan Percobaan dan diskusi kelas untuk membahas elektrolisis sesuai dengan LKS 2.7.
Kegiatan Akhir (2 menit)
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.8)
o Salam penutup
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
Praktek : KIM-3114MP
PPK : KIM-3115MP
Sikap/Minat : KIM-3116MP

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REDOKS - 5
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar : 2.3. Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
Indikator:
1. Menerapkan kosep hukum faraday dalam perhitungan sel elektrolisis.
2. Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurunian suatu logam
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menerapkan kosep hukum faraday dalam perhitungan sel elektrolisis.
2. Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurunian suatu logam
Materi Ajar :
o Hukum Faraday
o Aplikasi Elektrolisis
o Penyepuhan
Metode pendekatan:
o Ceramah
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 6 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Hukum Faraday
o Aplikasi redoks
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas hukum Faraday sesuai dengan dengan LKS 2.7.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan hukum Faraday.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 2.8.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Penyepuhan perak dan emas
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membahas penyepuhan sesuai dengan LKS 2.8 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan prinsip penyepuhan.
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Ulangan harian tentang sel Volta hingga elektrolisis
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 3.1.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium
Penilaian:
Praktik : KIM-3117MP
PPK : KIM-3118MP
Sikap/Minat : KIM-3119MP
Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
UNSUR - 1
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.1. Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
Indikator:
1. Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
2. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
2. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur tersebut
Materi Ajar :
o Kelimpahan unsur-unsur di alam.
o Produk yang mengandung unsur teretentu.
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 2 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Presentasi siswa tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, sesuai dengan LKS 3.1 (40 menit)
o Presentasi siswa tentang produk yang mengandung unsur tertentu, sesuai dengan LKS 3.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan kelimpahan unsur di alam, khusunya di Indonesia.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, internet.
Penilaian:
PPK : KIM-3120MP
Sikap/Minat : KIM-3121MP

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA UNSUR – 2
(SIFAT FISIKA DAN SIFAT KIMIA UNSUR GOLONGAN UTAMA DAN TRANSISI)
Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya.
Indikator:
1. Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3. Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4. Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5. Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3. Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4. Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5. Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Materi Ajar :
o Sifat-sifat fifik unsur-unsur golongan utama dan transisi.
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
o Presentasi
Alokasi Waktu
o 16 Jam Pelajaran


Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Sifat-sifat fisik dan sifat kimia gas mulia (40 menit)
o Sifat-sifat fisik dan sifat kimia halogen (40 menit)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas sifat-sifat gas mulia melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.2. atau presentasi siswa.
o Membahas sifat-sifat halogen melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.3. atau presentasi siswa.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan sifat utama gas mulia dan halogen.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 3.4 dan 3.5.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK : KIM-3120MP
Sikap/Minat : KIM-3121MP

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
UNSUR - 3
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya.
Indikator:
1. Menjelaskan cara menghilangkan kesadahan air melalui percobaan.
Tujuan:
Siswa dapat,
(1) Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
Materi Ajar :
o Pengenalan ilmu kimia
Metode pendekatan:
o Ceramah
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Pengertian sifat koligatif
o Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Menyapaikan program semester
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
o Motivasi
Kegiatan Inti (70 menit)
o Membahas pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.
o Membahas kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan arti sifat koligatif.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
UNSUR - 4
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur- unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
1. Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur ( seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen ) serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
2. Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri ( misalnya H2SO4, N2, Fe, Al, NH3 dan O2)
3. Menentukan komposisi unsur dalam pupuk.
Tujuan: Siswa dapat,
(2) Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
Materi Ajar :
o Pengenalan ilmu kimia
Metode pendekatan:
o Ceramah
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Pengertian sifat koligatif
o Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Menyapaikan program semester
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
o Motivasi
Kegiatan Inti (70 menit)
o Membahas pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.
o Membahas kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan arti sifat koligatif.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)
Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
UNSUR - 5

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
Indikator:
1. Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif.
2. Menentukan pita kestabilan inti.
3. Menuliskan persamaan reaksi inti.
4. Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif.
5. Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif.
Tujuan:
Siswa dapat,
(3) Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
Materi Ajar : Pengenalan ilmu kimia
Metode pendekatan:
o Ceramah
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Pengertian sifat koligatif
o Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Menyapaikan program semester
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
o Motivasi
Kegiatan Inti (70 menit)
o Membahas pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.
o Membahas kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan arti sifat koligatif.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)
Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
Kompetensi dasar :
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
4.2. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.
4.3. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

Indikator:
 Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
 Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
 Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
 Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
 Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
 Menuliskan reaksi senyawa karbon
 reaksi oksidasi
 reaksi adisi
 reaksi substitusi
 reaksi eliminasi
 Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
 Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
 Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
 Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
 Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
 Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain
 Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
 Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
 Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
 Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
 Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
 Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
 Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
 Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
 Menentukan gugus peptida pada protein.
 Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak
 Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
 Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
 Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
Tujuan:
Siswa dapat,
1) Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
2) Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
3) Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
4) Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon.
5) Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
6) Menuliskan reaksi senyawa karbon
 reaksi oksidasi
 reaksi adisi
 reaksi substitusi
 reaksi eliminasi
7) Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
8) Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
9) Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
10) Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
11) Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
12) Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain
13) Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
14) Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
15) Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
16) Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
17) Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
18) Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
19) Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
20) Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
21) Menentukan gugus peptida pada protein.
22) Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak
23) Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
24) Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
25) Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
Materi Ajar :
 struktur dan tata nama senyawa karbon
 isomer
 Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
 reaksi senyawa karbon.
 kegunaan senyawa karbon
 Struktur dan tata nama benzena dan turunannya
 reaksi benzena
 sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
 kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
 polimer
 Karbohidrat
 Protein
 Rumus struktur dan nama lemak
 Penggolongan lemak dan minyak
 Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
 Fungsi dan peran lemak dan minyak
Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Diskusi
o Penugasan
Alokasi Waktu
o 40 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Menyapaikan program semester
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (70 menit)
• Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
• Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
• Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.
• Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
• Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.
• Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui diskusi.
• Mengkaji reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas
• Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.
• Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
• Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
• Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.
• Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.
• Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok
• Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer, polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
(Sebagai penerapan dari teori yang dipelajari bagi daerah yang terdapat industri penghasil polimer seperti karet sintetis, serat sintetis dan sebagainya agar memanfaatkan industri tersebut sebagai sumber bahan belajar)

• Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
• Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
• Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok
• Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
• Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan materi.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3)
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
B. PPK
Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)

Sakatiga, Agustus 2009
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



Drs. Dakir Sokariyo Ismanita, S.T.P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar